Home Tip's & Trick's 20 Tips aman saat menggunakan Internet
20 Tips aman saat menggunakan Internet PDF Print E-mail
Wednesday, 11 August 2010 05:23

20 Tips aman saat menggunakan Internet

A. TIPS KEAMANAN UMUM

  1. Selalu menjaga keamanan perangkat lunak komputer Anda dan pastikan sudah up-to-date. Terutama jika Anda menggunakani jaringan wireless yang tidak dilindungi seperti di bandara, kafe dan lokasi lainnya.
  2. .Instal produk yang dapat memberi solusi untuk melindungi Anda saat melakukan surfing internet atau men-download file langsung ke komputer Anda.
  3. Pastikan bahwa solusi security Sofware Anda sudah up to date.
  4. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, anda harus aktifkan "Automatic Update" pada windows untuk otomatisasi jika ada pembaharuan fitur baru.
  5. Selalu menginstal, memperbarui, dan memelihara perangkat lunak firewall dan intrusion detection, termasuk yang mendukung keamanan malware / spyware.
  6. Gunakan Web browser versi terbaru dan menginstal patch keamanan bila tersedia.
  7. Gunakan browser web yang tidak memiliki script-plug-in.
  8. Periksa  Internet Service Provider yang anda gunakan untuk melihat jenis perlindungan yang ditawarkan oleh jaringan mereka.
  9. Pastikan bahwa perangkat lunak perlindungan Web anda mencakup perlindungan email, jaringan peer-to-peer, dan seluruh range aplikasi komputasi rumah, dan dapat memberikan peringatan tentang lalu lintas yang masuk dan keluar dari komputer Anda secara real-time.
  10. Menerapkan teknologi terbaru, seperti Web reputation, yang dapat mengukur kepercayaan dan keamanan Website sebelum Anda mengunjunginya. Gunakan teknologi Web reputation  yang dikombinasikan dengan URL yang ada penyaringan dan scanning konten teknologinya.

B.TIPS UNTUK E-MAIL

  1. Pastikan Anda menggunakan produk anti-spam untuk setiap alamat email yang Anda miliki.
  2. Laporkan email mencurigakan kepada pihak yang berwenang.
  3. Jika anda menerima lampiran email, scanning lampiran tersebut agar anda terhindar dari virus.
  4. Waspada bila menerima email yang meminta rincian account (lembaga keuangan hampir tidak pernah meminta rincian keuangan dalam email).
  5. Jangan pernah mengirimkan informasi financial anda kepada siapapun.
  6. Hati-hati dengan email yang tak terduga atau aneh, terlepas dari siapa si pengirim. Jangan buka lampiran atau klik link dalam email ini.

C. TIPS UNTUK WEB SURFING DAN men-download program ONLINE

  1. Gunakan layanan Web reputation untuk memastikan situs web yang akan dikunjungi adalah aman dari ancaman web berbahaya.
  2. Hati-hati dengan halaman Web yang memerlukan instalasi perangkat lunak. Scanning semua program yang baru didownload dari internet dengan keamanan yang up-to-date.
  3. Selalu membaca End User License Agreement sebelum instalasi dan pilih cancel jika ingin membatalkan instalasi.
  4. Jangan memberikan informasi pribadi kepada situs yang tidak aman. Anda hanya boleh memberikan informasi pribadi di situs yang menampilkan ikon kunci di bagian bawah browser Anda.


Last Updated on Wednesday, 25 August 2010 03:35
 


DAILY CARTOON click to enlarge
ANDERTOONS.COM TECHNOLOGY CARTOONS